11 April 2010

Perbedaan Constructor dan Method

Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi object, dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu constructor.
Perbedaan method biasa dengan constructor adalah bahwa constructor harus memiliki nama yang sama dengan nama classnya dan tidak memiliki nilai kembalian (tipe-data: String, int, double dll).
Constructor dijalankan pada saat sebuah object diinisialisasi (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda – beda.
Yang perlu diperhatikan adalah apabila kita tidak mendeklarasikan satu pun constructor, maka Java secara otomatis menambahkan default constructor ke dalam class yang kita buat walaupun tidak kelihatan pada kode program. Apabila kita mendeklarasikan satu atau lebih constructor maka java tidak akan menambahkan default constructor.
Saat kita menginisialisasi suatu object menggunakan perintah new, maka pasti salah satu constructor yang kita buat akan dijalankan. Constructor mana yang dijalankan tergantung dari parameter yang kita lewatkan (sama dengan konsep method overloading).

Sumber

No comments:

Post a Comment